Google

Rabu, 30 Desember 2009

Virgin Atlantic memperkenalkan pesawat angkasa komersial pertama

Virgin Atlantic memperkenalkan pesawat angkasa komersial pertama















Mojave, California - Virgin Atlantic pada hari Senin 7 desember 2009 meluncurkan pesawat luar angkasa penumpang komersial pertama, kapal berwarna halus hitam putih yang menggambarkan suatu perjudian yang mahal dalam menciptakan industri pariwisata komersil luar angkasa.

Perusahaan ini berharap SpaceShipTwo yang seukuran minivan bersayap, akan membawa wisatawan masuk kedalam ruang gravitasi nol dalam dua atau tiga tahun.

"Ini akan menjadi awal perjalanan ruang angkasa komersial," pendiri Virgin Atlantic Airways dan miliarder Richard Branson mengatakan pada peluncuran di Gurun Mojave California. "Anda akan menjadi astronot."

Proyek, dengan anggaran $ 450 juta, akan melihat konstruksi enam pesawat ruang angkasa komersial yang akan membawa penumpang cukup tinggi untuk mencapai ke keadaan tak berbobot dan melihat lengkungan Bumi yang diatur dengan latar belakang ruang angkasa.

Sebuah pesawat yang berbadan kembar bernama Eve akan membawa SpaceShipTwo pada ketinggian sekitar 60.000 kaki sebelum melepaskannya. Pesawat kemudian akan menembakkan mesin roket onboard-nya, naik ke sekitar 65 kilometer di atas Bumi.

Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2-1/2 jam, dengan penumpang akan mengalami sekitar lima menit tanpa bobot.

Sekitar 300 calon astronot telah mendaftarkan deposit untuk perjalanan $ 200.000, yang mencakup tiga hari pelatihan.

Akhirnya, Virgin Galactic, cabang dari Virgin Atlantic, dapat menawarkan perjalanan suborbital yang bisa secara dramatis mengurangi panjangnya penerbangan.

"Berdasarkan izin pemerintah Amerika, kita mungkin mulai mengembangkan sebuah program untuk mencoba membawa orang-orang dari benua ke benua, Anda tahu, dua jam dari Los Angeles ke Australia," kata Branson dalam sebuah wawancara dengan Reuters TV.

"Tidak bisa dijanjikan bahwa kita akan mampu melakukannya, tapi jika Anda tidak mencoba hal-hal yang Anda lakukan tidak berhasil, jadi kita akan pasti mencobanya," katanya.

Usaha bisnis potensial lainnya termasuk para ilmuwan penerbangan dan eksperimen terbang dan meluncurkan muatan kecil ke angkasa.

Branson merekrut perancang pesawat Burt Rutan dan timnya di Scaled Composites untuk membuat armada pesawat ruang angkasa komersial setelah prototipe bernama SpaceShipOne Rutan memenangkan $ 10 juta Ansari X Prize pada tahun 2004 untuk spacelight pribadi pertama yang dikemudikan.

Penerbangan luar angkasa komersial telah menjadi impian selama puluhan tahun, tetapi penerbangan tahun 2004 adalah bukti pertama bahwa industri mungkin dapat mencapainya tanpa bantuan pemerintah, yang secara historis telah mendominasi perjalanan ruang angkasa.

Sebuah ledakan tahun 2007 yang mematikan selama pengujian mesin roket oleh Scaled Composites, bagaimanapun, telah mengilustrasikan bahaya dan resiko untuk menciptakan usaha yang aman dan menguntungkan.

Branson, dalam wawancara di televisi Reuters, mengatakan bahwa penerbangan akan lebih aman daripada pesawat ulang alik NASA.

"Saya pikir karena begitu jauh lebih muda, hanya jauh lebih aman daripada apa yang NASA telah lakukan dengan menggunakan teknologi lama yang berumur 50, 60 tahun," katanya.

SpaceShipOne, yang dipajang di National Air & Space Museum di Washington, telah membuat tiga penerbangan suborbital.

Sebuah program pengujian terbang secara atmosfer selama 10 bulan diharapkan akan dimulai pada hari Selasa dan akan diikuti oleh pengujian penerbangan yang ekstensif ke ruang angkasa sebelum perjalanan penumpang pada tahun 2011 atau 2012.

source : Reuters.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar